Frequently Asked Questions

Menurut Wikipedia, “Sertifikasi adalah suatu penetapan yang diberikan oleh suatu organisasi profesional terhadap seseorang untuk menunjukkan bahwa orang tersebut mampu untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas spesifik.”

Sertifikasi itu singkatnya suatu cara atau mekanisme untuk mengukur kemampuan atau kompetensi seseorang. Nah, kalau orang tersebut sudah tersertifikasi (lulus uji sertifikasi), berarti dia sudah kompeten untuk bidang sertifikasi yang dia ikuti.
Sertifikasi juga ada beberapa jenisnya. Kalau berdasarkan tingkat pengakuannya terbagi 2, yaitu sertifikasi Nasional dan Internasional.

Kalau sertifikasi Nasional diakuinya sampai tingkat Nasional, artinya sertifikatnya diakui di semua tempat di negara tersebut. Contohnya sertifikasi BNSP.

Sedangkan untuk sertifikasi Internasional, sertifikatnya diakui di seluruh dunia. Kemanapun kamu membawa sertifikatnya, pasti akan diakui keaslian dan keabsahannya. Contohnya sertifikasi MTA (Microsoft Technology Associate).

Karena sertifikasi adalah bentuk pengakuan akan suatu bidang, maka dengan mengikuti sertifikasi (dan lulus uji sertifikasi juga tentunya), kamu bisa diakui skillnya di bidang tersebut, dan kamu berhak memakai gelar kompetensi di belakang nama kalian, lho.

Contohnya John Doe mengikuti sertifikasi MOS, kalau dia lolos sertifikasi MOS, maka dia bisa menambah “MOS” di belakang namanya, jadinya John Doe, MOS.

Sertifikasi ini juga sangat berguna untuk mereka yang statusnya fresh graduate, yaitu orang-orang yang baru lulus kuliah dan mau mencari pekerjaan, karena perusahaan lebih memprioritaskan mereka yang kemampuannya sudah terbukti.

Biaya mengikuti sertifikasi bervariasi, tergantung jenis dan lama pelatihannya.

Dalam sertifikasi, ada tahap pelatihannya dulu (training), baru tahap uji sertifikasi. Semakin lama durasi pelatihannya, biayanya juga bisa semakin mahal.

Contohnya untuk sertifikasi MOS (Ms. Office), biayanya bisa 1-2 jutaan, dengan lama pelatihannya 1 hari.

Contoh lainnya untuk sertifikasi MikroTik (jaringan), biayanya bisa 2,5 juta sampai 3 jutaan, dengan lama pelatihannya 2-3 hari.

Saat ini, ITCC telah membuka 2 program sertifikasi, yaitu Microsoft Office Specialist (MOS), dan Microsoft Technology Associate (MTA).

Microsoft Office Specialist mengetes kemampuan kamu dalam menggunakan fitur-fitur program Ms. Office (Contohnya Word atau Excel ).

Kalau Microsoft Technology Associate itu mengetes pemahaman kamu tentang dunia IT, contohnya pemahaman dalam Database, Server, Security, dsb. (intinya tentang komputer gitu)

Dan tidak menutup kemungkinan juga kalau kedepannya ITCC akan membuka beberapa sertifikasi baru, dan pilihan sertifikasi yang mau diikuti jadi lebih banyak 🙂

Ya tentu tidak dapat sertifikatnya dong 🙂

Tapi dari ITCC sendiri, jika ada peserta yang nggak lulus, maka akan diberikan Sertifikat Keikutsertaan, sebagai tanda kalau dia sudah mengikuti sertifikasi yang diadakan ITCC.

Yang terpenting adalah latihan terus menerus, soalnya bahan yang diujikan dalam sertifikasi itu lebih advanced.

Contohnya sertifikasi MOS. Kamu pasti sudah cukup sering kan pake aplikasi Ms. Word atau Ms. Excel untuk ngerjain tugas sekolah dulu. Dalam MOS sendiri itu tools yang diujikan lebih banyak dan bisa saja belum pernah kamu pakai sebelumnya, meskipun kamu sudah sering memakai Ms. Office.

Jadi tetap harus latihan soal terus, supaya semakin terbiasa dengan soalnya, dan bisa lebih tenang dan pede ketika uji sertifikasi 🙂