Menurut Wikipedia,

“Sertifikasi profesional, kadang hanya disebut dengan sertifikasi atau kualifikasi saja, adalah suatu penetapan yang diberikan oleh suatu organisasi profesional terhadap seseorang untuk menunjukkan bahwa orang tersebut mampu untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas spesifik. Sertifikasi biasanya harus diperbaharui secara berkala, atau dapat pula hanya berlaku untuk suatu periode tertentu.”

Pentingnya Standarisasi dan Sertifikasi Keahlian TI

Sertifikasi di Bidang TI adalah cara yang standar dan terukur untuk mengukur kemampuan teknis. Sertifikasi TI  menunjukan bahwa para professional Teknologi Informasi tersebut memiliki pengetahuan dan kompetensi yang dapat di buktikan. Sertifikasi di bidang TI juga memberikan keunggulan dalam daya saing bagi berusahaan, khususnya dalam pasar glogal karena kemampuan dan pengetahuan Profesional Teknologi Informasi dan Telekomunikasi telah di uji dan didokumentasikan.

Contoh sertifikasi apa saja yang ada di bidang TI ?

  • Bidang Jaringan, seperti CCNA (Cisco Certified Network Associate) dan CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert).
  • Bidang penggunaan produk teknologi, seperti MOS (Microsoft Office Specialist), MTA (Microsoft Technology Associate), dan ACE (Adobe Certified Experts).

Apa saja sertifikasi yang sudah diselenggarakan ITCC ?

Untuk saat ini, Laboratorium ITCC telah menyelenggarakan 2 program sertifikasi, yaitu MOS (Microsoft Office Specialist) dan MTA (Microsoft Technology Associate).

MOS (Microsoft Office Specialist) adalah program sertifikasi yang mengukur kemampuan seseorang dalam penguasaan program Office.

MTA (Microsoft Technology Associate) adalah program sertifikasi yang mengukur kemampuan seseorang dalam penguasaan dasar teknologi, seperti database, jaringan, sistem operasi, dan lain-lain.